Pantai Olele Menyimpan Sejuta Keindahan Alam Bawah Laut






Pantai Olele terletak kurang lebih 20 Km dari pusat Kota Gorontalo, tepatnya di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Anda hanya butuh 25 menit perjalanan menggunakan motor atau mobil dari pusat kota. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan sekitar perbukitan yang mempesona.

Menuju desa Olele, anda akan menyisir jalan berkelok, melintasi perumahan penduduk dengan pemandangan yang kontras. Di satu sisi anda terkesima dengan tebing-tebing curam berpohon dan di sisi lain, hamparan laut biru hijau tanpa batas membentang membuat anda tercengang. Pantai Olele merupakan pintu gerbang menuju surga Taman Laut Olele dengan alam bahari yang sangat indah. Para penyelam dunia telah membuktikannya dengan mata sendiri. Mereka menyatakan bahwa sebagian biota laut yang terdapat di sana tidak dijumpai di perairan lain.

Taman laut Olele menyimpan banyak keindahan, dan setidaknya ada beberapa spot yang bisa ada jumpai disana, diantaranya Goa Jin dengan ikan-ikan hias, Biota Laut, Terumbu karang yang sehat, padat dan indah, Bunga Karang Raksasa, Beberapa jenis ikan yang langka dan hanya terdapat di perairan teluk tomini. Selain itu, ada spot yang tak kalah indahnya. Namanya Salvador Dali.

Spot tersebut merupakan area yang memiliki rongga terumbu karang yang menawan. Konon, nama Salvador Dali diberikan karena mirip lukisan Salvador Dali, seorang pelukis terkenal. Tempat lainnya juga tidak kalah indah. Ada spot yang karangnya berbentuk seperti tiang serta bunganya berbentuk seperti sarang lebah.

Saat ini, Taman Laut Olele menjadi ikon wisata di Provinsi Gorontalo yang berada di pesisir selatan. Dan pada bulan September 2015, pemerintah daerah setempat akan mengelar Festival Olele yang dirangkaikan dengan Sail Tomini. Acara yang akan dimulai tanggal 8 hingga 10 September itu akan menggelar sejumlah acara diantaranya, lomba foto underwater dan snorkeling massal.

Jadi jika Anda berkunjung ke Gorontalo, tak lengkap rasanya jikab tak mengunjungi destinasi wisata bahari yang mendapat gelar Primadona Pantai Selatan ini.