Senam Hamil Bisa Mengurangi Sakit Saat Melahirkan



Berbagai
macam cara dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang diderita saat melahirkan, salah satunya dengan cara melakukan sanam hamil selama masa kehamilan sebagaimana diungkapkan dr. Poedjo Hartono, Ketua Pengurus Perkumpulan Obsterti dan Ginekologo Indonesia (POGI).

"Untuk mengurangi rasa sakit mungkin bisa dilakukan senam hamil," katanya dalam temu wartawan saat kampanye "Celebrate the Changes" di salah satu hotel di Surabaya, sepereti dilansir Antara.

Senam hamil kata Poedjo, bisa meningkatkan rasa pecaya diri terhadap ibu hamil saat dirinya mempersiapkan proses persalinan. Dengan persiapan yang matang lanjut Poedjo, maka ibu hamil akan memiliki persiapan yang lebih baik.

"Orang hamil itu memang memiliki dua perubahan yang begitu mencolok pada dirinya, pertama adalah fisik dan juga psikologis. Untuk perubahan fisik yaitu bentuk badan yang berubah dan juga psikologis karena orang hamil memiliki perubahan pada hormonalnya," katanya.

Tantangan terberatnya, kata dia, yaitu pada trimester pertama di mana masih ada kerawanan pada kehamilan tersebut. "Biasanya dibarengi dengan mual-mual dan juga kepala pusing. Namun, hal tersebut sangat alami sekali dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan," katanya.