Jenis Permainan Tradisional Gorontalo yang Mulai Terlupakan



Apa
kabar sobat PG? Senang rasanya PG bisa menjumpai Anda semua, semoga sobat kami jumpai dalam keadaan sehat walafiat, tak kurang dari satu apapun, Aamiin.

Sobat, seperti judul artikel diatas, kita akan membahas jenis permainan tradisional Gorontalo yang saat ini mulai hilang dan terlupakan.

Lantas apa saja jenis permainan tersebut? Langsung saja kita bahas ya sobat.

Permainan Pai


Yang pertama adalah Pa'i. Jenis permainan ini pada masanya sangat digemari. Permainan yang terbuat dari kayu ini membutuhkan keahlian tersendiri untuk memainkannya. Guna memperoleh putaran yang maksimal, si pemain harus memiliki teknik tersendiri.

Lama dan kencangnya putaran bergantung dari panjangnya tali dan bagaimana caranya si pemain menggulung tali tersebut. Selain itu, dibutuhkan jenis Pa'i yang bagus. Pa'i yang bagus ini tergantung dari si pembuat dalam memilih jenis kayu yang berkualitas.

Jenis mainan satu ini menyerupai gasing pada umumnya, namun Pa'i ini memiliki bentuk yang unik dan tentunya berbeda dari yang lain.

Jenis permainan berikut adalah Buruna. Buruna terbuat dari bahan dasar tempurung (Batok kelapa). Seperti halnya Pa'i, Buruna ini pun sangat digemari oleh anak-anak pada masa itu. Selain dimainkan per orang, Buruna juga bisa dimainkan per kelompok atu per tim. Bermain Buruna memerlukan teknik tersendiri, namun yang sudah biasa, permainan yang hanya butuh pemukul kecil yang terbuat dari ukiran bambu ini terasa sangat mudah.

Batok kelapa yang siap dibuat Buruna 


Buruna memiliki bentuk dan ukuran beragam tergantung dari si pembuat. Namun diantara bentuk Buruna, bentuk hati lah yang paling disukai da banyak dimainkan.

Yang terakhir adalah Neka. Neka terbuat dari plastik bekas sebagai bahan utamanya. Neka yang berbentuk bulat padat ini haruslah dibuat oleh mereka yang punya keahlian dan tentunya berpengalaman. Anak-anak Gorontalo pada waktu itu lebih banyak menggunakan plastik dari ember bekas.

Permainan Neka ilustrasi

Agar bisa berbentuk bulat dan padat yang sempurna, plastik bekas tersebut terlebih dulu dipanaskan agar plastiknya lembek dan bisa diukir, dibentuk menjadi bulat.

Cara memainkan permainan ini sangat mudah, namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguasai teknik permainan yang sempurna. Tidak ada alat tambahan seperti dua jenis permainan diatas untuk bermain ini selain jari dari tangan kita.

Demikian artikel jenis permainan tradisional Gorontalo yang mulai terlupakan versi Portal Gorontalo.

Sayang sekali ya sobat PG, permainan yang seharsnya tetap ada ini mulai terlupakan seiring perkembangan teknologi.

Pedahal selain mengambarkan jati diri kita sebenarnya, jenis permainan diatas sangat ekonomis dibanding permainan saat ini. Dan yang pastinya sangat menghibur, memberikan nilai kepuasan tersendiri saat memainkannya.