Direshuffle, Rahmat Gobel Tambah Sejarah Menteri Asal Gorontalo yang Dicopot



Rahmat Gobel (Foto: Beritasatu.com)


Presiden Joko Widodo resmi mershuffle kabinetnya di Istana Merdeka, Rabu (12/8). Reshuffle yang tertuang dalam Keppres nomor 79/P/2015 itu, Jokowi memberhentikan 5 Menteri sekaligus Sekretaris Kabinet.

Dari kelima Menteri yang diberhentikan oleh Jokowi, dua diantaranya merupakan menteri koordinator yang berhubungan langsung dengan ekonomi, yang beberapa bulan terakhir ini terus mendapat sorotan publik.

Sementara dari tiga menteri lainnya, terdapat Menteri Perdagangan yakni Rahmat Gobel yang diganti dengan Thomas Limbong. (Baca: Reshuffle Kabinet, Ini Menteri yang Diganti Jokowi)

Pemberhentian Rahmat Gobel dari jabatan Menteri tersebut lantas menambah sejarah menteri asal Gorontalo yang dicopot sekaligus mengundurkan diri dari jajaran kabinet pemerintahan.

Sebelumnya, pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dua menteri asal Gorontalo mengalami nasib yang sama.

Mereka adalah Fadel Muhammad dan Suharso Monoarfa. Keduanya menjabat menteri di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Fadel Muhammad diberhentikan dari jabatan Menteri Kelautan dan Prikanan sementara Suharso Monoarfa dikabarkan kala itu mengundurkan diri dari Menteri Negara Perumahan Rakyat.

Tidak begitu jelas memang alasan penguduran diri politisi PPP tersebut, namun sempat beredar kabar bahwa penguduran diri Suharso diduga sarat politik, yang setelahnya sempat diberitakan pemberhentiannya karena direshuffle SBY.