Benarkah Bersiul di Malam Hari dapat Mengundang Makhluk Halus?





Benarkah
bersiul di malam hari dapat mengundang mahkluk halus? Apakah hal tersebut hanya mitos belaka atau benar-benar terbukti nyata? Mitos sendiri dapat diartikan sebagai suatu wacana baik berupa asal-usul, cerita, atau keyakinan.

Keberadaan mitos itu selalu menjadi satu paket lengkap dengan pantangan atau larangan yang tidak boleh dilanggar oleh siapa pun. Bila ada seseorang yang dengan sengaja melanggar mitos bisa-bisa orang tersebut menjadi pamali atau kualat.

Mitos ini pun masih sangat erat kaitannya dengan adat budaya atau adat isitadat yang cenderung bersifat tradisional. Keberadaan mitos dengan aturan yang sangat kuat bahkan tidak mudah untuk disisihkan begitu saja.

Tepatnya akan ada sejumlah hal yang mesti dilewati guna menciptakan adanya suatu perubahan. Pastinya hal ini tidak semudah menutup buku yang sudah selesai dibaca.

Adapun adanya mitos yang diyakini berawal dari banyaknya kasus atau kejadian yang terjadi akibat dilakukannya suatu pantangan atau larangan.

Kasus-kasus yang terjadi tersebut selanjutnya menjadi bahan kajian bagi masyarakat jaman dulu dan pada akhirnya muncul lah mitos.

Memang benar semua hal yang terjadi di jagat raya ini tidak terlepas dari kehendak Tuhan. Percaya atau tidak dengan kebenaran suatu mitos sekali lagi kembali pada pribadi kita masing-masing.

Berbicara mengenai mitos, ada banyak mitos yang diyakini di masyarakat. Salah satunya yakni jangan bersiul di malam hari. Konon katanya jika anda sering bersiul di malam hari bisa mengundang datangnya mahkluk halus.

Sebagai tanda kedatangannya, makhluk halus tersebut akan membalas siulan yang diberikan. Namun, ada juga yang mengatakan balasan siulan yang terdengar tersebut akibat makhluk halus merasa terganggu dengan siulan tersebut.

Bagaimana menurut sobat Portal, percaya atau tidak dengan hal ini? Benarkah bersiul di malam hari dapat mengundang mahkluk halus?

Mungkin sobat menyadari, bahwa masyarakat Gorontalo masih memiliki kepercayaan kuat mengenai hal-hal mistik dan ghaib. Sebagai orang yang beragama, wajib meyakini adanya dunia lain selain dunia manusia. Dalam hal ini keberadaan makhluk-makhluk ghaib memang benar adanya.

Makhluk-makhluk ghaib tersebut ditakdirkan untuk tidak terlihat dari penglihatan biasa. Hanya saja ada beberapa mitos yang menunjukkan adanya cara atau metode yang bisa digunakan untuk mengundang, melihat, atau malah berinteraksi dengan makhluk halus tersebut.

Beberapa cara itu misalnya dengan menggunakan perantara jaelangkung, pohon pisang emas, termasuk dengan bersiul di malam hari. Mungkin anda sudah sempat mendengar bahwa penggunaan media jelangkung memang bisa mengundang datangnya makhluk ghaib.

Namun, benarkah bersiul di malam hari dapat mengundang mahkluk halus? Inilah yang menjadi tanya tanya.

Bersiul dengan gaya meniru suara salah satu jenis burung disebut-sebut bisa mengundang makhluk halus untuk datang. Sebagian masyarakat di daerah pedalaman Gorontalo masih meyakini mitos ini.

Jika bersiul tepat saat langit senja atau berwarna merah, dan atau pada malam hari sangat tidak dibenarkan oleh para orang tua. Mereka meyakini jika bersiul pada waktu tersebut, akan datang semacam mahluk halus yang sangat menyeramkan.

Dari sebagian masyarakat yang masih pecaya dengan mitos, ada juga yang menganggap mitos sangat erat dengan hal-hal yang musyrik.