Ngabuburit di Gorontalo? Ini Dia Tempatnya Sob



Tempat wisata Tangga 2000, Kota Gorontalo

Ngabuburit
adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib atau menjelang puka puasa. Ngabuburit sendiri diambil dari istilah bahasa sunda yaitu burit yang berarti waktu menjelang sore hari.

Fenomena ngabuburit ini hanya ada di saat bulan puasa saja, dan sudah terkenal luas seluruh Indonesia. Banyak hal yang dilakukan ketika ngabuburit, misalnya jalan-jalan, ngumpul bareng dan hal-hal positif lainnya.

Tak ketinggalan di Gorontalo, disini sejumlah warga di Kota Gorontalo ternyata memanfaatkan beberapa lokasi untuk menghabiskan waktu sebelum buka puasa atau ngabuburit, yakni di lima lokasi dinilai paling favorit.

Tempat-tempat tersebut yaitu jalan Nani Wartabone, Taman Kota, Lapangan Taruna Remaja, Tangga 2.000 dan Puncak Botu.

Khusus lokasi di Jalan Nani Wartabone, sepanjang ruas jalan ini menjadi tujuan utama warga untuk ngabuburit, karena terdapat lapak pedagang berbagai macam panganan untuk berbuka puasa.

Di Taman Kota, selain menjadi tempat kuliner berbuka puasa, taman kota selalu menjadi tempat favorit bagi warga setempat terutama para remaja untuk menikmati rindangnya pohon dan beberapa fasilitas bermain yang tersedia.

Lokasi lainnya di lapangan Taruna Remaja, terletak di jantung Kota Gorontalo, tempat ini mudah dijangkau dan disukai karena memiliki ruang bagi pengunjung untuk beraktivitas seperti olahraga atau sekadar nongkrong. Selain itu, di tempat dimana berdirinya monumen patung Nani Wartabone ini terdapat para pedagang kuliner.

Lokasi menarik lainnya, yakni Tangga 2.000, lokasi hanya ditempuh sekitar 10 menit dari pusat kota. Pengunjung memadati tempat ini sebelum berbuka, untuk menikmati keindahan tepi pantai lengkap dengan jagung bakar dan kopi yang ditawarkan pedagang di sekitarnya. Namun sayang, tempat wisata ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat sehingga beberapa bagian bangunan rusak terbengkalai.

Terakhir, Puncak Botu. Disini para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk dan indah. Dari tempat dimana berdirinya kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Gorontalo ini, pengunjung bisa menyaksikan Kota Gorontalo dan sekitarnya dari ketinggian.