Ini Dia Khasiat Jahe Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui



Jahe
merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari india sampai Cina. Bagi Anda yang suka memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu bumbu dapur atau rempah ini. Sejak jaman nenek moyang jahe sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit, juga untuk pencegahan.

Bumbu dapur ini punya keistimewaan yaitu dapat memberi rasa hangat, aromanya kuat dan menyegarkan. Jahe biasa digunakan untuk mengobati sakit kepala hingga nyeri haid pada wanita. Jahe bisa diaplikasikan untuk beberapa pengobatan, salah satunya dibuat ramuan atau minuman.

Di campur dalam teh hangat, bisa juga diseduh dengan air panas dan madu. Sensasi hangat yang didapat dari jahe dapat menghangatkan badan dan membuat keringat keluar sehingga badan lebih segar. Potong satu ruas jahe ukuran sedang, tambahkan air panas, teh, madu dan jeruk nipis. Biarkan hangat lalu segera diminum. Pengobatan tradisional ini juga bisa digunakan untuk memulihkan stamina.

Selain itu, jahe juga berkhasiat untuk mengatasi stroke. Anda perlu bahan campuran seperti mengkudu 40 gram, pule pandak 20 gram, daun dewa 30 gram, daun cermai 20 gram, dan air untuk minum 4 gelas. Cuci semua bahan diatas bersama 20 gram jahe merah. Iris dan rebus dengan 4 gelas air tadi hingga air rebusan tersisa satu setengah gelas. Saring dan minum 3 kali sehari dengan meminum setengah gelas sekali minum.

Jahe juga sangat pas untuk menambah gairah seks. Tambahkan gingseng 30 gram, cabe jawa 20 gram, lada hitam 20 gram, serta air untuk minum 4 glas. Cuci semua bahan tadi bersama 15 gram jahe merah. Rebus hingga air rebusan tersisa 2 glas kemudiyan disaring.

Minum 2 kali pada pagi dan sore. Sekali minum 1 gelas. Untuk menambah khasiatnya, Anda bisa menambahkan 1 butir kuning telur dan 2 sendok makan madu murni. Rasakan khasiatnya.