Google Kini Berganti Nama Menjadi Alphabet





Perusahaan raksasa Google Inc resmi berganti nama menjadi Alphabet Inc. Kabar perusahaan yang bermarkas di Amerika yang terkenal dengan sejumlah anak perusahaan seperti mesin pencari Google, Gmail, Youtube dan Blogger itu datang dari CEO Google, Larry Page.

"Perusahaan kami (Google) masih beroperasi dengan baik, tetapi kami pikir kami bisa membuatnya lebih baik dan mumpuni. Jadi, kami membuat sebuah perusahaan baru, bernama Alphabet," kata CEO Google Larry Page dikutip postingan blog Selasa (11/8).

Menurut Page, Google memutuskan untuk membuat struktur ulang perusahaan. Keputusan ini akan memisahkan perusahaan web dengan divisi investasi dan penelitiannya.

Dalam postingannya, Page mengumumkan ia akan menjadi CEO Alphabet, sementara rekan penggagasnya Sergey Brin akan menjadi Presiden Alphabet dan Wakil Presiden Senior Sundar Pichai akan menjadi CEO Google.

Alphabet Inc akan memegang divisi non web dan tambahan. Dalam blognya, Page mengatakan hal tersebut akan membuat semuanya lebih bersih dan akuntabel.

Alphabet akan menjadi bisnis utama Google, seperti Maps dan Youtube, bersama dengan Fiber, Nest dan Google Ventures.

Menurut Page, Alphabet memiliki dua makna. Makna pertama adalah penggunaan huruf dan angka (alpabet) setiap kali kita menggunakan mesin pencarian google. Sedangkan makna kedua adalah investasi yang tiada batas yang merupakan makna dari Alpha-bet.