Masjid di Papua Ini Dibangun di Bawah Tanah


Masjid Baabul Munawwar, Papua (Foto: Kidnesia)


Masjid Baabul Munawwar adalah masjid yang berada di area pertambangan PT. Freeport Papua. Masjid yang berada di Kecamatan Tembagapura, Timika, Papua itu mampu menampung hingga 250 jamaah.

Tapi tahukah Anda bahwa Masjid tersebut tidak dibangun diatas diatas tanah? Ya, Masjid Baabul Munawwar tersebut terdapat di dalam perut bumi alias di dalam tanah.

Untuk sampai ke Masjid, para jamaah menggunakan mobil khusus, karena  harus memasuki terowongan tambang yang gelap dan berliku sejauh 4 kilometer. Karena letak masjid yang berada di perut bumi, dipasang exhaust agar udara yang kotor tersedot keluar, sehingga udara dalam masjid itu pun tetap terasa nyaman.

Masjid tersebut sengaja dibangun agar karyawan yang bekerja bisa tetap menjalankan ibadah dengan mudah.

Masjid bawah tanah ini sediannya masih terhitung baru, diresmikan pada tanggal 20 Juni 2015 kemarin. Persis di samping Masjid tersebut berdiri sebuah Gereja. Kedua tempat ibadah dibuat berdampingan atas usulan para pekerja sebagai simbol toleransi.

Masjid tersebut dirancang oleh Alexander Mone, lulusan Universitas Bina Nusantara (UBN). Sedangkan konstruksi oleh Andrew Parhusip insinyur sipil jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB).