Tim Kelana Rasa Akui Kuliner Khas Gorontalo


Festival kuliner Gorontalo (Foto: Istimewa)


Setelah
mengelilingi Indonesia untuk mencicipi dan mempelajari kultur kuliner, akhirnya Tim "Kelana Rasa" menjajaki berbagai kuliner khas Gorontalo. Tim yang terdiri dari 16 orang itu, bekerja sama dengan Omar Niode Foundation mengunjungi tempat-tempat penjaja kuliner khas, hingga menggelar Mini Festival Kuliner, Minggu (10/5).

Mini Festival menghadirkan sajian kue tradisional Gorontalo seperti popolulu, biapong, wapili, kue perahu hingga Kopi Organik Pinogu. Makanan inti seperti tabu moitomo (kuah Bugis), payangga tilinanga, pilitode, hingga sate tuna turut menggoda lidah para pengunjung festival pada Sabtu malam (9/5).

"Makanan Gorontalo yang paling terkenal adalah binthe biluhuta, tapi sebenarnya ada satu kuliner khas lagi yang patut dipromosikan yakni ilabulo," kata CEO Kelana Rasa, Arie Parikesit.

Ilabulo yang terbuat dari paduan sagu, ayam, santan dan bumbu bawang yang dibungkus daun pisang itu menurutnya punya cita rasa khas dan sejarah yang menarik. Kelana Rasa, kata dia, sudah mengunjungi 120 daerah di Indonesia bukan hanya sekedar memahami rasa setiap makanan namun menggali budaya terkait kuliner tersebut.

Hal itu sejalan dengan Omar Niode Foundation yang berperan aktif mengkampanyekan kuliner Gorontalo dalam beberapa tahun terakhir.

"Kuliner daerah ini kaya rasa dan kaya sejarah. Contohnya adalah ilabulo, yang ternyata merupakan makanan pemersatu dua kerajaan yang bertikai di masa lalu," ungkap Pendiri ONF, Amanda Katili.


Source: Antara
Editor: Syam Indigo