Tiga Calon Kuat Pilbup Kabgor, Siapa Saja Mereka?


Ilustrasi Foto by sindonews.com

Pemilihan Kepala Daearah Kabupaten Gorontalo 2015 tinggal mengihitung bulan. Tak heran jika beberapa bakal calon (Balon) terlihat sudah mempersiapkan segala sesuatu hal untuk meramaikan pesta rakyat 5 tahunan tersebut.

Dari beberapa nama Balon yang disebut-sebut turut ambil bagian, ada 3 nama yang menurut Portalo Gorontalo lebih berpeluang menang dibanding yang lain. Lantas siapkah ketiga calon tersebut?

Berikut 3 nama calon kuat Pilakada Kabupaten Gorontalo versi Portalo Gorontalo:

1. Tonny Yunus


Tonny Yunus (Kemeja Putih), Foto by tribunolahraga.com

Pria yang saat  ini menjabat sebagai Wakil bupati Kabuten Gorontalo ini berpeluang besar menang dibanding calon lain.  Jabatannya sebagai orang nomor dua di daerah tersebut menjadi modal tersendiri untuk meraih dukungan dari kalangan eksekutif. Tak hanya itu, Ketua DPD PDIP Provinsi Gorontalo ini tentunya akan mengandalkan mesin partainya yang juga sebagai pemenang pemilihan legislatif 2014 di Kabupaten tersebut.


2. Rahmiyati Yahya


Rahmiyati Yahya, Foto dokumentasi PKK

Rahmiyati Yahya merupakan calon kuat berikut yang memiliki peluang besar untuk meraih kemenangan menjadi orang nomor 1 di Kabupaten tertua di Provinsi Gorontalo tersebut. Istri bupati Gorontalo dinilai memiliki dukungan massa yang riil . Ini dibuktikan Rahmi setelah selama 2 periode terakhir terpilih sebagai Anggota DPD RI perwakilan Gorontalo. Istri David Bobihoe ini tentunya akan memperoleh dukungan besar dari kalangan eksekutif dan ini menjadi salah stu point penting Rahmi dalam menuju kursi nomor 1 di daerah tersebut.


3. Rustam Akili

Rustam Akili, Foto by nasionalxpos.co.id

Calon yang satu ini memang tidak memiliki dukungan dari eksektif dibanding 2 nama calon diatas. Namun jangan salah, pria yang menjabat Ketua DPRD Provinsi Gorontalo ini memiliki dukungan massa yang riil mulai dari akar rumput sampai ketingkat akademisi. Ditambah dukungan mesin partai Golkar sebagai partai pemenang kedua di abupaten tersebut menjadi kekuatan tersendiri bagi Ketua DPD II Golkar Kabupaten Gorontalo ini.

Rustam yang aktif sebagai dosen di Universitas Gorontalo ini tentunya akan mendapatkan dukungan penuh dari kalangan akademisi, dan hal ini menjadi poin penting bagi ketua Yayasan Duluwo Limo Lo Pohala'a (YDLP) yang tentunya tidak dimiliki calon lain.

Oh iya, bicara tentang ketua yayasan YDLP tentunya memiliki fakta lain dalam sejarah Pilkada Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan fakta, siapa yang menjabat ketua yayasan pengelola Universitas Gorontalo itu akan menang jika mengikuti Pilkada di daerah tersebut.  Wallahu a’lam bish-shawabi

Nah demikian sobat PG artikel tentang siapa calon kuat Pilakada Kabupaten Gorontalo versi Portalo Gorontalo. Bagaimana menurut Anda, apakah sudah punya pilihan diantara 3 nama calon diatas? Atau sobat punya pilihan lain diluar 3 nama tersebut? semua itu hak Anda bsobat PG.

Pilihan ada ditangan Anda untuk menentukan arah Kabupaten Gorontalo 5 tahun kedepan.